NAMA : NICKI FATIMA N
KELAS : 4KA22
NPM : 16113412
1.
Definisi
dari telematika
Telematika adalah
singkatan dari Telekomunikasi dan Informatika.Telematika merupakan adopsi
dari bahasa Prancis yang sebenarnya adalah “TELEMATIQUE” yang kurang lebih
dapat diartikan sebagai bertemunya sistem jaringan komunikasi dengan teknologi
informasi.
2.
Media
komunikasi apa saja yang digunakan untuk telematika
·
Internet
Internet (interconnection-networking) adalah ialah
rangkaian komputer yang terhubung di dalam beberapa rangkaian. Karena saling
terhubungnya komputer antar satu dengan lainnya maka internet merupakan salah
sarana atau media untuk saling berkomunikasi dan juga merupakan sarana
penyebaran informasi seperti berita, jurnal, artikel ataupun lainnya.
·
Handphone
Handphone juga termasuk dalam media komunikasi karena
merupakan suatu sarana berkomunikasi dengan menggunakan media elektromagnetik
untuk mengirimkan atau menerima suatu informasi dari satu pihak ke pihak
lainnya.
·
Smartphone
Merupakan telepon selular yang mempunyai kemampuan tingkat tinggi,
yang terkadang mempunyai fungsi seperti komputer. Smartphone merupakan
salah satu media komunikasi yang paling banyak digunakan saat sekarang ini
karna kemampuannya yang dapat menyerupai komputer dan juga smartphone dapat
dibawa kemana-kemana alias portabel yang bisa diakses kapan saja dan dimana
saja.
·
Video Conference
Video Conference juga termasuk media komunikasi karna dapat
mengirimkan informasi berupa gambar dan suara secara real-time. Salah satu
aplikasi video conference adalah Skype. Skype adalah sebuah
program komunikasi dengan teknologi peer-to-peer (P2P). Skype dapat
digunakan pada komputer maupun smartphonedan juga memerlukan akses
internet.
3.
Jelaskan
perkembangan telematika sebelum dan sesudah internet muncul
Sebelum
adanya internet media yang digunakan yang mengandung unsur telematika hanya
berupa radio, pager, televisi, telegraf, dan telepon. Disini untuk
berkomunikasi baik lokal maupun internasional tentunya masih sulit, dikarenakan
juga biaya pada jaman dahulu untuk melakukan hal tersebut juga masih cukup
mahal. Dan pada jaman sebelum internet muncul, untuk mengirim sebuah surat
dibutuhkan waktu yang cukup lama. Setelah kemunculan internet, untuk melakukan
komunikasi menjadi lebih mudah, mencari bahan untuk belajar juga lebih mudah.
Dan juga setelah ada internet, dalam hal berkomunikasi bisa lebih cepat dan
lebih murah, kita tidak perlu membayar tarif telepon internasional yang mahal
bahkan bisa melakukan chatting dan video call. Mengirim surat juga bisa sampai
sangat cepat dengan menggunakan email.
4. Apa
yang anda harapkan kedepannya dengan adanya telematika di indonesia?
Menurut saya dengan adanya telematika di Indonesia sangat
berpengaruh sekali. Karena dengan adanya telematika mempermudah seseorang
mendapatkan informasi dengan cepat dan dapat berhubungan dengan sesama dalam
jarak yang jauh. Saya berharap telematika di Indonesia dapat dikembangkan lebih
baik. Serta diharapkan masyarakat indonesia menggunakan telematika lebih
bijak dan baik lagi.
5.
Jelaskan
menurut pendapat masing-masig tentang factor yang mempengaruhi layanan
telematika yang dapat dengan mudah diakses
Ada
beberapa faktor yang mempengaruhi layanan telematika yang mengakibatkan semakin
mudahnya untuk di akses, yaitu:
1. Faktor
Layanan Komunikasi, negara Indonesia semakin mengalami perbaikan dari segi
layanan dan Tarif yang di tawarkan oleh setiap provider yang ada, namun jika di
bandingkan dengan negara lain posisi kita berada di bawah dari segi kecepatan
dan layanan
2. Faktor
Keamanan, Belum lama ini terjadi aksi sadap pemerintahan dari negara kangguru
ke negara garuda yang berhasil menembus pertahanan telekomunikasi kepala negara
garuda, hal ini sangat mengkhawatirkan karena sebegitu mudahnya pertahanan
negara garuda dapat di tembus oleh negara kangguru
3. Faktor
Wilayah Faktor wilayah cukup mempengaruhi layanan Telematika untuk semakin
mudah di akses, contohnya, bandingkan saja untuk akses layanan di Kota Jakarta
dengan di Papua, jelas perbedaannya (dari kecepatan dan juga tarif yang di
tentukan oleh Provider atau Penyedia Layanan Jasa), hal ini di karenakan
wilayah Papua itu masih sulit untuk di jangkau dan sulit untuk diakses, entah
memang ijinnya yg sulit, Faktor masyarakat atau Faktor X lain yang
mengakibatkan sulitnya akses di wilayah tersebut.
4. Faktor
sumber daya Manusia (User), nah jika semakin mengerti usernya, semakin mudah
(harusnya) untuk menikmati Layanan Maksimal dari Telematika tersebut, dan jika
usernya kurang memajami maka sulitnya juga untuk ia menikmati layanan tersebut.
DAFTAR
PUSTAKA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar